FAQs (Pelatihan Regional)

Seperti apakah jadwal dan lokasi penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Regional?


Jadwal untuk penyelenggaraan Pelatihan Regional AIM Project adalah sebagai berikut:

  1. Jakarta : 27-28 Juli 2021
  2. Yogyakarta (Kelompok A) : 23-24Agustus 2021
  3. Yogyakarta (Kelompok B) : 26-27Agustus 2021
  4. Surakarta: 7-8 September 2021
  5. Bandung: 12-13 Oktober 2021
  6. Makassar: 28-29 Oktober 2021
  7. Aceh: 23-24 November 2021
Kepastian lokasi (museum penyelenggara) akan kami kirimkan beserta detil program pada awal bulan Juli 2021 melalui e-mail peserta masing-masing.




Bagaimana penentuan dimana Pelatihan Regional yang saya akan ikuti?


Penentuan dimana Anda akan diikutsertakan dalam Pelatihan Regional yang mana akan berdasarkan sesuai dengan lokasi museum Anda berasal.




Apakah model/konsep pelatihan regional ini sama dengan pelatihan di tingkat nasional? Apakah perbedaannya?


Model/ konsep untuk Pelatihan Regional adalah Pelatihan Signifikansi. Perbedaan dengan kelompok utama bahwa Pelatihan Regional tidak turut serta dalam pengembangan pameran online AIM Project yang diselenggarakan bekerja sama dengan Western Australian Museum (WAM).




Apakah pelatihan regional AIM project dilakukan secara daring atau tatap muka, Jika tatap muka, dimaka lokasi pelatihan regional ini?


Pelatihan ini akan dilakukan secara tatap muka, terbatas, dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Penyelenggaraan pelatihan Regional AIM-Project akan dilaksankan memenuhi persyaratan protokol Covid-19 sesuai dengan peraturan pemerintah (termasuk tes Covid-19 sebelum kegiatan berlangsung). Kegiatan akan berlangsung selama dua hari dan diadakan di masing-masing daerah asal museum peserta.




Berapa hari pelatihan ini akan dilaksanakan?


Pelatihan Regional akan diselenggarakan dalam selama 2 (dua) hari untuk setiap kelompok.




Apakah ada instruktur internasional yang akan memberikan materi di pelatihan ini?


Pelatihan Regional ini akan dilakukan mengikuti metode pelatihan yang dilakukan pada kelompok utama dengan konsep dan kurikulum (berupa teori dan praktek langsung) yang dibangun oleh tim Deakin University Australia dan SEAMS. Pada saat pelatihan, pemateri akan berasal dari Indonesia dan Australia.




Apakah akomodasi dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan ini?


Karena penyelenggaraan Pelatihan Regional akan diadakan di daerah museum asal masing-masing peserta, akomodasi tidak dibutuhkan. Dalam kasus khusus, akomodasi akan dibutuhkan jika peserta tidak berasal dari provinsi yang ditentukan untuk lokasi Pelatihan Regional.




Apakah membutuhkan materi khusus yang perlu disiapkan mengenai museum asal?


Peserta akan diminta untuk mempersiapkan profil singkat museum dan objek / koleksi yang dimilikinya.




Bagaimana metode yang akan dilaksanakan dlm pelatihan ini?


Pelatihan di daerah ini akan fokus pada penilaian signifikansi objek. Kita akan bersama belajar mengenai teori-teori dalam melakukan penilaian signifikansi, sekaligus mempraktekkan langsung dengan memanfaatkan objek dari koleksi museum yang menjadi tempat penyelenggaraan pelatihan.




Apakah pelatihan ini berbayar?


Peserta tidak ditarik biaya apapun untuk mengikuti pelatihan ini- yang dibiayai oleh Kemendikbud-Ristek RI dan pemerintah Australia. Biaya berupa transport lokal (dalam daerah), konsumsi (makan siang dan coffee break), pelatihan dan materi pelatihan, serta tes Covid-19 sebelum pelaksanaan pelatihan akan sepenuhnya dibiayai oleh panitia.
Dalam kasus khusus dimana peserta berasal dari luar provinsi penyelenggaraan pelatihan, peserta akan diinfomasikan bahwa panitia tidak menyediakan akomodasi maupun transportasi antar provinsi.




Apakah pelatihan ini akan disajikan oleh pemateri yang sama dengan pelatihan kurotarial utama dan mendapatkan sertifikat profesi?


Pelatihan ini akan disajikan oleh pemateri dari Southeast Asia Museum Services (SEAMS) yang juga menjadi pemateri dalam pelatihan kuratorial utama. Materi pelatihan akan disiapkan bersama oleh SEAMS, Deakin University dan WAM. Sertifikat partisipasi Pelatihan Regional AIM Project akan disediakan oleh panitia dan diserahkan kepada peserta pada akhir pelatihan.